Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

5 Permasalahan Umkm Yang Sering Terjadi Di Indonesia Dan Solusinya

5 Permasalahan Umkm Yang Sering Terjadi Di Indonesia Dan Solusinya

Tak sedikit yang memang nyaman dengan bisnis kecilnya karena mereka lebih mudah mengontrol dan menjaga ekuitas tanpa perlu khawatir memikirkan tuntutan stakeholder. Selain itu, mengurus bisnis kecil juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal penting lainnya, seperti berkumpul dengan keluarga dan menikmati hiburan untuk diri sendiri. Pelaku bisnis skala besar cenderung memiliki gaya hidup yang tinggi seiring dengan tingkat pendapatan yang diperolehnya. Jelas tingkat pendapatan yang diperolehnya tidak sebesar pelaku bisnis skala besar yang istilah kerennya para eksekutif.

Sementara itu, program pembangunan masih terlalu fokus pada sektor industri di perkotaan, sehingga sektor pertanian menjadi terpuruk dan terabaikan. Para petani dan pedagang hanya memperoleh keuntungan yang kecil dari hasil panen/barang dagangannya. Keuntungan yang kecil ini tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Akibatnya, angka kemiskinan di desa jauh lebih tinggi daripada di kota.

Mengapa bisnis merupakan hal yang susah

Apalagi dengan penggunaan dispenser listrik yang semakin meningkat, tentu saja membuat usaha isi galon menjadi bisnis menguntungkan di desa dan memiliki prospek yang cukup baik ke depannya. Demikianlah ulasana mengenai beberapa tantangan bisnis yang perlu diwaspadai. Seiring dengan perkembangannya, tantangan bisnis pun akan terus berkembang dan berubah. Untuk meminimalisirnya perlu dilakukan usaha tambahan dan tekad pantang menyerah. Sebagai pemilik bisnis, ketika menghadapi ekonomi yang tidak stabil hendaklah selalu berpikir jangka panjang. Situasi yang berubah cepat menuntut pengambilan keputusan yang segera, namun tidak berarti tergesa-gesa.

Banyak berdoa, banyak membaca buku, ikut komunitas positif, inget keluarga di rumah, inget anak istri butuh makan dsb. Tata sendiri memulai bisnisnya dari pertemuan dengan seorang teman yang memiliki pabrik kosmetik. Menurut Kusumo, banyak yang “diam saja” saat terjebak dalam ketidakpahaman bagaimana transformasi digital harus dilakukan. Padahal transformasi digital itu memerlukan tindakan cepat, bukan sesuatu yang bisa dilakukan lambat dan setengah-setengah. Sementara tidak sedikit yang terjun ke ranah online-nya setengah hati. Jadi misalnya dia sudah memanfaatkan media sosial untuk promosi, tapi penjualannya tidak bisa dipesan secara online.

Keterbatasan tersebut secara otomatis akan mempengaruhi kemampuan bisnis dalam melebarkan sayapnya. Oleh sebab itulah bisnis kecil dengan banyak pesaing sulit untuk berkembang. Menciptakan produk atau layanan jasa yang lebih bervariatif, agar para pelanggan tidak bosan. Mendengarkan masukan dari para pelanggan dan menjadikannya sebagai bahan koreksi saat menciptakan suatu produk baru sehingga kualitas produk semakin bagus.

Comments are closed.